5 Kemudian cari bagian ini, dan tambahkan seperti kode yang di beri warna

Jumat, 01 April 2011

7 Rekor tentang Kereta di Dunia (Indonesia Termasuk)

Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara. Berikut ini beberapa Rekor mengenai kereta di seluruh Dunia (termasuk di Indonesia salah satunya).
1. Kereta Tercepat Saat ini - Magnetically Levitated trains


Magnetically Levitated trains atau biasa disingkat Maglev, adalah kereta tercepat di dunia saat ini. Kereta yang Berasal dari Negri Sakura ini Berjalan Mengambang di Rel Magnet dengan Kecepatan Maksimum 581 km/jam. Kereta api super cepat Jepang ini tidak berjalan pada relnya, tapi melayang, diatas relnya setinggi 10 cm.


2. Rangkaian Kereta Terpanjang - Burlington Northern Santa Fe
Burlington Nothern Santa Fe atau BNSF telah mencetak Rekor dunia sebagai Rangkaian Kereta Terpanjang di Dunia, kereta ini terdiri dari 295 Gerbong dan 9 Lokomotif melintasi Ardoch, North Dakota.


3. Stasiun Kereta Api Terbesar - Atocha, Madrid
Atocha Station adalah stasiun kereta api terbesar di Dunia. Ini adalah stasiun utama yang melayani komuter kereta (Cercanas), antar kota dan kereta regional dari selatan, dan kereta berkecepatan tinggi AVE dari Barcelona (Catalonia) dan Seville (Andalusia). Atocha Station adalah stasiun kereta api di kota Madrid, Spanyol, yg di dalamnya terdapat taman tropis seluas 4000 m².



Ruang terbuka yg berisi kafe, taman tropis, dan toko2 tsb sebenarnya adalah bangunan stasiun asli yg lama yg berubah fungsinya saat renovasi stasiun pada 1992, digantikan dengan terminal baru yg lebih modern.


4. Terowongan Kereta Api Terpanjang - Seikan, Jepang
Terowongan Seikan adalah terowongan untuk jalur rel kereta api sepanjang 53,85 km di Jepang, dimana sekitar 23,3 kilometer dari terrowongan tersebut berada di dasar laut. Terowongan ini terletak sekitar 140 meter di dasar laut atau dengan kedalaman 240 meter (790 kaki) di bawah permukaan laut.


Eh, Kalau ini terowongan jalan darat yang menembus pegunungan di daerah kyusichi tunnel daerah pulau kyushu. Panjangnya hanya 7 km saja pengerjaan 5 tahun. Kalau sebelum ada tunnel ini lewat jalan pegunungan bisa ditempuh 5 jam, namun dengan adanya tunnel ini jarak tempuh menjadi kurang dari 1 jam, tapi haruslah hati-hati dalam mengendarai mobil. Sepeda dan motor dilarang masuk, karena berbahaya. Masuk jalan ini tanpa biaya jasa marga lho...gratis-tis...


5. Monorail Tercepat - Transrapid
MAGLEV adalah singkatan dari magnetically levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis. Sering juga disebut kereta api magnet. Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan gaya angkat magnetik pada relnya sehingga terangkat sedikit ke atas, kemudian gaya dorong dihasilkan oleh motor induksi. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 650 km/jam (404 mpj) jauh lebih cepat dari kereta biasa. Beberapa negara yang telah menggunakan kereta api jenis ini adalah jepang, perancis, amerika, dan jerman. Dikarenakan mahalnya pembuatan relnya, di dunia pada 2005 hanya ada dua jalur maglev yang dibuka umum, di shanghai dan kota toyota. Teknologi ada tiga jenis teknologi maglev: * yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspensi elektrodinamik) * yang tergantung pada elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik) * yang terbaru, mungkin lebih ekonomis, menggunakan magnet permanen (inductrack) jepang and jerman merupakan dua negara yang aktif dalam pengembangan teknologi maglev menghasilkan banyak pendekatan dan desain. Dalam suatu desain, kereta dapat diangkat oleh gaya tolak magnet dan dapat melaju dengan motor linear.


kelebihan dan kekurangan kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Konsekuensinya, secara teoritis tidak akan ada penggantian rel atau roda kereta karena tidak akan ada yang aus (biaya perawatan dapat dihemat). Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan. Gaya resistansi udara tentunya masih ada. Untuk itu dikembangkan lagi kereta maglev yang lebih aerodinamis. Dikarenakan bentuk dan kecepatan kereta yang fantastis ini, kebisingan (suara) yang ditimbulkan disaat kereta ini bergerak hampir sama dengan sebuah pesawat jet, dan di perhitungkan lebih mengganggu daripada kereta konvensional. Sebuah studi membuktikan suara yang ditimbulkan oleh kereta meglev dengan kereta konvensional biasa lebih bising sekitar 5db yaitu 78% nya. Kekurangan lain kereta ini adalah di mahalnya investasi terutama pengadaan relnya.


6. Kereta Termewah - Rovos Rail Pride
Rovos Rail Pride Afrika menawarkan perjalanan menyenangkan dan mewah ke tingkat yang tidak pernah ada sama di tahun 1920. Banyak wisatawan berpengalaman yang menaiki RRP. Wisatawan itu menganggapnya sebagai kereta terbaik di dunia.


7. Kereta Dua Lantai & Berbadan Lebar Pertama
Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek, adalah kereta pertama di Dunia dan terhebat bisa memuat banyak orang. Kereta ini memiliki angjungan VVIP 2 lantai dengan fasilitas AC alami alias angin sepoi-sepoi yang mengenakan dan mengasyikan (jangan sampai mengantuk sayang jika moment ini terlewatkan). Jangan khawatir penumpang disuguhi pemandangan secara langsung kota jakarta penuh dengan kesemwarutan.Sungguh mengasyikan, bukan!...


Bukan Hanya anjungan VVIP di lantai 2, kereta ini juga dinobatkan sebagai kereta berbadan lebar pertama. Jika anda tidak memiliki uang cukup untuk memesan kursi VVIP di lantai 2 anda bisa memesan tempat di anjungan yang terletak di kanan/kiri kereta. anjungan ini terbagi dalam 2 kelas yaitu VIP Barat dan VIP Timur. Pokoknya Indonesia Sippplah..... hehehe...piss. Tapi Inga' Keselamatan penumpang ditanggung sendiri.


Bahkan Rel kereta api satu-satunya di dunia berada di tengah-tengah permukiman padat penduduk, seolah-olah kereta api bukan moda transportasi yang membahayakan bagi warga dikampung ini. "Ah...itu mah sudah biasa bagi saya" ujar warga setempat yang tak mau disebutkan identitasnya. Sudah 65 tahun Indonesia merdeka, apakah nasib anak bangsa seperti ini slamanya. Inilah potret Kerata api di Indonesia. Bangga ataukah sedih melihat ini. Itu semua terserah anda menilainya.